Minggu, 27 November 2016

Prediksi Teknologi Yang Akan Menjadi Tercanggih di Dunia

Kali ini saya akan membahas tentang 5 Teknologi yang diprediksi akan menjadi yang tercanggih di dunia!

  1.  Memasuki Era Hiper-Sonik, Scramjet
jet tercepat 

Scramjet akan menjadi salahsatu revolusi terbesar dalam sejarah transportasi dunia. Pesawat tempur tercanggih di dunia sekarang, F/A-22 Raptor milik Amerika berkecepatan maksimal Mach 2, atau 2 kali kecepatan suara. Pesawat penumpang Scramjet, akan membawa anda terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, Mach 10.
Penerbangan dari New York ke Tokyo yang sekarang ditempuh dalam waktu 18 jam yang panjang dan melelahkan, akan ditempuh Scramjet, hanya dalam 120 menit.
Scramjet tidak perlu memakai bahan bakar roket biasa yang mahal dan berat, bahan bakarnya menggunakan hidrogen cair yang dicampur penyedotan oksigen langsung dari atmosfer (air-breathing scramjet engine). Pembakaran hidrogen dan oksigen pada kecepatan supersonik inilah yang akan mengakselerasikan kecepatannya.
Ini akan membuat penerbangan dari satu tempat ke tempat lain di seluruh dunia menjadi super cepat.



2. Komputer Kuantum
 

Bayangkan sebuah komputer masa depan, yang kecepatannya ribuan kali lebih cepat dari supercomputer tercepat sekarang. Ribuan kali lebih cepat dan efisien dari IBM ”Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops (1 petaflop = 10^15 operasi per detik).
Inilah kedahsyatan komputer kuantum. Komputer ini begitu dahsyat karena diciptakan memakai fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement.
Dalam pemecahan kode misalnya (kriptografi), untuk memecahkan kode yang digitnya sampai 140, komputer biasa akan memerlukan waktu milyaran tahun untuk memecahkannya. Tapi dengan komputer kuantum, ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja.
Dengan komputer ini manusia juga akan bisa memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, seperti gempa bumi dan tornado. Dan tentu saja ini akan makin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang ada sekarang.


3. Tampilan Holografis


teknologi masa depan 2020 - tampilan holografis
Tampilan holografis di film Iron Man | Credit: forcetoknow.com

Tampilan holografis saat ini semakin dekat dengan realisasi. Satu perusahaan di California yang bernama Ostendo sedang mengembangkan sebuah chipset yang dapat memroyeksikan video di sebuah bidang diagonal sebesar 48 inci. Jika digabungkan, proyektor-proyektor ini dapat membuat gambar yang lebih kompleks. Bahkan, keyboard proyeksi sudah direalisasikan.

HP sedang mengembangkan interface 3D untuk smartphone, dan ada rumor bahwa iPhone generasi selanjutnya mempunyai fitur interface holografis - 3 dimensi ataupun 2 dimensi.

Sebuah perusahaan di China bernama Takee bahkan sudah meluncurkan smartphone yang bisa menampilkan gambar 3D dengan cara mendeteksi pergerakan mata penggunanya. Smartphone ini bahkan bisa merespon pergerakan jari, sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa harus menyentuh layar. Bayangkan saja bagaimana teknologi ini dapat berkembang 5 tahun ke depan.




SOURCE: http://smartsolution.co.id/artikel-prediksi-10-teknologi-yang-akan-menjadi-tercanggih-di-dunia
               http://teknologimasadepan-blog.blogspot.co.id/2015/06/5-teknologi-masa-depan-yang-menjadi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar